Uji Coba E-Payment Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Surat Keterangan Asal (SKA)

1 2 3 4 5 6
Dalam upaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) atas penerbitan jasa dokumen Surat Keteranga Asal (SKA), sebagaimana Peraturan Pemerintah No. 31 tahun 2017, tanggal 11 September 2017 tentang Jenis Dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Perdagangan.

Sekretariat Ditjen Perdagangan Luar Negeri mengadakan uji coba aplikasi e-payment PNBP SKA pada 2 Instansi Penerbit SKA yaitu IPSKA Prov. DKI Jakarta pada tanggal 8 Februari 2018 bertempat Dinas Koperasi, UMKM & Perdagangan Prov. DKI Jakarta dan IPSKA prov. Jawa Barat pada tanggal 14 Februari 2018 bertempat Kantor Disperindag Prov. Jawa Barat.

Acara Uji coba pelaksanaan e–payment PNBP SKA, dibuka oleh Sekretaris Ditjen Perdagangan luar Negeri dengan narasumber dari Direktorat PNBP, Kemenkeu, Dit. Sistem Penganggaran Kemenkeu, Biro Hukum, Biro Keuangan, Pusat Data dan Sistem Informasi Kemendag serta acara dipandu oleh PT. EDI Indonesia selaku konsultan E-payment PNBP SKA.

Dalam acara uji coba, para eskportir maupun IPSKA melakukan simulasi pembelian form SKA dan approval pembelian form secara langsung dengan menggunakan aplikasi e-payment. Maksud dan tujuan dilakukannya uji coba ini untuk mengetahui tingkat pemahaman IPSKA maupun eksportir atas e-payment SKA yang sedang dikembangkan dan untuk menghimpun kendala kendala sehingga dapat teratasi saat penerapannya secara resmi nantinya.



  •