Pemerintah Harmonisasi kan Regulasi Kebijakan Ekspor Timah

1 2 3 4
Forum Discussion Group (FGD) Peningkatan Ekspor Produk Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika diadakan oleh Direktorat Ekspor Produk Industri dan Pertambangan pada Tanggal 8 Maret 2018, di hotel Lumire Jakarta.

FGD mengambil Tema Penyempurnaan Kebijakan Ekspor Timah dan dibuka oleh Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Ekspor Produk Industri dan Pertambangan Merry Maryati dan Pejabat dari Kementerian ESDM.

FGD bertujuan mensinkronkan Permen ESDM No. 11 Tahun 2017 dengan ketentuan Ekspor Timah sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 44/2014 tentang Ketentuan Ekspor Timah sebagaimana telah diubah dengan Permendag No. 33/2015.

Hal paling mendasar dalam Permen ESDM No 11 tahun 2017 adalah menghapus kewajiban Rekomendasi dari Kementerian ESDM untuk memperoleh Pengakuan sebagai Eksportir Terdaftar (ET) Timah Murni Batangan dan Persetujuan Ekspor (PE) Timah Murni Batangan dari Kementerian Perdagangan, sehingga Permendag tentang Ketentuan Ekspor Timah perlu disesuaikan

Penghapusan tersebut tentunya menjadi insentif bagi para pelaku usaha untuk terus melakukan ekspor timah yang bernilai tambah sesuai dengan ketentuan Permendag.

FGD dihadiri oleh wakil dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Ditjen Bea Cukai Kemenkeu dan Internal Kemendag (Bapebti, Setditjen Perdagangan Luar Negeri, Biro Hukum dan Pusjakdaglu Kemendag) serta para asosiasi dan pelaku usaha Komoditi Timah. disamping itu juga hadir Tim Litbang dari KPK guna mengawal Kebijakan di sektor Pertambangan Timah.

  •