Dirjen Daglu Menjadi Keynote Speaker Dalam Seminar Nasional Harmonisasi Hukum Perdagangan Internasional Di Universitas Atma Jaya Jakarta

1 2 3 4 5
Jakarta, 24 April 2018 - Fakultas Hukum, Universitas Katolik Atmajaya pada tanggal 24 April 2018 menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Harmonisasi Hukum Perdagangan Internasional: Tren Perkembangan Instrumen Trade Remedies, Hambatan Non-Tariff, dan Penyelesaian Sengketa melalui Forum Dispute Settlement Body dalam WTO. Kegiatan ini mengundang pihak Kementerian Perdagangan yaitu Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan, selaku keynote speaker dan Direktur Pengamanan Perdagangan, Pradnyawati, sebagai salah satu pembicara. Sementara 2 (dua) pembicara lainnya adalah Erry Bundjamin yang merupakan pengacara dalam bidang perdagangan internasional dan Prof. Dr. I.B.R. Supancana, SH. MH yang merupakan akademisi Fakultas Hukum Unika Atmajaya.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri menyampaikan perkembangan terkait dengan hambatan perdagangan yang beralih menjadi hambatan non-tarif. Semakin berkembangnya hambatan ini membutuhkan perhatian khusus termasuk penanganannya melalui forum WTO.

Usaha pemerintah ini juga harus didukung oleh semua stakeholders termasuk akademisi, sehingga dalam lanjutan paparannya, Dirjen Daglu mengharapkan peran dari Universitas untuk mengembangkan studi terkait perdagangan internasional dan mencetak ahli hukum baru dalam bidang ini, mengingat jumlah lawyer perdagangan internasional di Indonesia masih minim.

Seminar Nasional dibuka oleh Yanti Friskawati selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Katolik Atmajaya Jakarta.

Hadir dalam Seminar tersebut Direktur Pengamanan Perdagangan, Ibu Pradnyawati  menyampaikan materi tentang Trend Penggunaan Instrument Trade Remedies dan Hambatan Teknis dalam Perdagangan Internasional dan peran Kementerian Perdagangan dalam menangani hambatan, Lawyer pada bidang hukum perdagangan Internasional Bapak Erry Bundjamin dengan materi Trade Instruments In Global TradedanProf. Dr. Ida Bagus Supancana S.H., M.H., dengan materi Penyelesaian Sengketa Perdagangan Internasional Dan Pembelajaran Bagi Indonesia dari segi akademisi.



  •