Sosialisasi regulasi Pengawasan Tata Niaga Impor di Post Border

1 2

Kementerian Perdagangan bersinergi dengan instansi terkait (Bea dan Cukai, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Setempat, Asosiasi) dalam perhelatan Sosialisasi Pengawasan Tata Niaga Impor di Post Border yang diselenggarakan oleh Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) di Semarang, 2 Mei 2018. Kementerian Perdagangan diwakili oleh Sekretaris Ditjen Perdagangan Luar Negeri, Marthin Simanungkalit.

Dalam kesempatan tersebut, Marthin menyampaikan mengenai pemberlakuan pengawasan lartas impor di post border dan deregulasi aturan - aturan impor yang telah dilakukan. Diharapkan para pelaku usaha dapat memahami dan mengimplementasi kebijakan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Pemerintah memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan bahan baku, penolong, mengefisienkan waktu dan biaya karena dapat mencegah terjadinya kelebihan waktu pemakaian peti kemas (demurrage). Namun demikian apabila dilakukan pelanggaran oleh pelaku usaha, pemerintah tidak segan-segan mengambil tindakan tegas dan memberikan sanksi. 



  •