Focus Group Discussion 'Meningkatkan Kinerja Trading Across Borders'

1 2 3 4 5 6 7

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita didampingi Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan membuka dan memberikan arahan pada Focus Group Discussion 'Meningkatkan Kinerja Trading Across Borders' yang bertempat di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (3/5).

Adapun beberapa capaian yang telah Kementerian Perdagangan lakukan antara lain:

1.Kementerian Perdagangan telah membentuk Satuan Tugas Percepatan Pelaksanaan Berusaha 

2. (a). Deregulasi dengan melakukan pengurangan jumlah peraturan perizinan dari 117 jenis perizinan ekspor dan impor dikurangi menjadi 81 jenis perizinan. (b). Debirokratisasi dengan melakukan penyederhanaan proses perizinan yang mengurangi kewajiban rekomendasi dari 32 rekomendasi menjadi tinggal 21 rekomendasi. (c). Relaksasi untuk IKM sebanyak 8 perizinan, pengurangan persyaratan perizinan, percepatan penerbitan perizinan dengan menerapkan Service Level Arrangement (SLA) dari 5 hari menjadi 2-3 hari. (d). Kemudahan memulai berusaha (Starting a Business) melalui dukungan investasi 3 jam, penerbitan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) secara simultan, penghapusan pendaftaran ulang SIUP, dan penyederhanaan proses pembaharuan TDP yang telah dilakukan diawal Tahun 2017. 

3. Kementerian Perdagangan telah pula menerapkan kebijakan pergeseran pengawasan dari Border ke Post Border untuk Tata Niaga Impor

4. telah dilakukan integrasi dengan beberapa K/L secara elektronik melalui INSW, penerapan Digital Signature untuk 75 jenis perizinan, penerapan sistem ketertelusuran (Tracking System) yang dapat menjamin transparansi proses penerbitan perizinan. 

5. Kementerian Perdagangan telah menyusun rencana aksi implementasi quick wins untuk penerbitan SIUP, TDP, dan Angka Pengenal Importir (API) menjadi bagian dari Single Identity Number dalam OSS Nasional.



  •