Perundingan Putaran Kedua Indonesia-Turkey Comprehensive Partnership Agreement (I-T Cepa)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Pada tanggal 28-30 Mei 2018, Direktur Pengamanan Perdagangan mengikuti perundingan putaran kedua I-T CEPA di Ankara, Turki. Direktur Pengamanan Perdagangan tergabung ke dalam tim perunding terkait dengan sub-chapter Trade Remedies yang dipimpin oleh Ketua Komite Anti-Dumping Indonesia (KADI), Ernawati dan juga dihadiri oleh Ketua Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia, Mardjoko.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan rapat koordinasi pada tanggal 27 Agustus 2018 di Wisma KBRI Ankara dan dipimpin langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Turki, Bapak Wardana. 

Rapat bertujuan untuk melakukan koordinasi akhir sebelum dimulai sidang esok harinya oleh masing-masing sub working group termasuk untuk trade remedies yang dipimpin oleh Ketua KADI. Laporan keseluruhan working group dikoordinasikan oleh Ketua Delegasi RI (Delri) yaitu Direktur Perundingan Bilateral, Ni Made Ayu Marthini.

Pembukaan perundingan putaran kedua I-T CEPA di kantor Kementerian Ekonomi Turki dimana Delegasi Turki dipimpin oleh Director General of EU Affairs, Murat Yapici.

Perundingan sub-working group trade remedies dimana Indonesia dipimpin oleh Ketua KADI sementara Turki dipimpin oleh Murat Yapici.

Perundingan mendiskusikan draft usulan Indonesia atas sub-chapter trade remedies yang telah dikirimkan sebelumnya. Pada putaran kedua ini yang dibahas adalah terkait dengan dumping, subsidi dan global safeguards, sementara untuk bilateral safeguards akan dibahas pada putaran selanjutnya.

Dari hasil negosiasi didapatkan keputusan bahwa pihak Turki akan mengirimkan counter draft atas konsep yang telah dikirimkan Indonesia, sementara dari pihak Indonesia juga akan mengirimkan draft usulan terkait dengan anti-circumvention yang akan dibahas pada putaran selanjutnya.

Pembahasan Minutes of Meeting (MoM) dari keseluruhan sub-working group pada hari terakhir persidangan dan Penandatangan MoM oleh ketua delegasi masing-masing negara.



  •