Rapat Koordinasi Tim Teknis Pembahasan Penyusunan Permendag Tentang Petunjuk Teknis JF AIPP

1 2 3 4

Konstelasi perdagangan internasional saat ini yang diwarnai oleh ‘perang dagang’ dan hambatan perdagangan mengancam kepentingan perdagangan dan ekonomi Indonesia. Untuk itu Kementerian Perdagangan senantiasi akan melndungi dan mengamankan kepentingan perdagangan Indonesia dari aktivitas perdagangan internasional baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dalam rangka mengoptimalkan upaya dimaksud Kementerian Perdagangan telah membentuk jabatan fungsional tertentu Analis Investigasi dan Pengamanan Perdagangan (JF AIPP) yang telah disahkan melalui Peraturan Menteri PAN-RB No. 33/2018.

Kemarin, Kamis (25/10), Direktur Pengamanan Perdagangan, Ibu Pradnyawati, memimpin rapat koordinasi tindak lanjut penetapan dimaksud di Hotel The Mirah – Bogor yang turut dihadiri oleh Ketua Komite Anti Dumping Indonesia, perwakilan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Sekretariat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Biro Organisasi dan Kepegawaian Kemendag, Biro Advokasi Perdagangan Kemendag, dan Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia.

JF AIPP nantinya diisi oleh pegawai Kementerian Perddagangan yang akan dituntut untuk menghadapi tantangan perdagangan internasional seperti pelindungan pasar dalam negeri melalui instrumen Trade Remedies, pembelaan terhadap eksportir yang menghadapi hambatan perdagangan di pasar tujuan ekspor, dan pembelaan kebijakan nasional yang digugat oleh Negara mitra di WTO.

Melalui JF AIPP, terdapat pola pembinaan yang sistematis dan terarah sehingga SDM Kementerian memiliki kemampuan khusus yang dibutuhkan dalam menghadapi tuntutan tersebut.



  •