Rapat Koordinasi Surat Keterangan Asal (SKA)

1 2 3 4 5 6

Kementerian Perdagangan menggelar Rapat Koordinasi Surat Keterangan Asal (SKA) Indonesia dengan 94 Instansi Penerbit SKA (IPSKA) seluruh Indonesia di Hotel Novotel Solo, Kamis (25/7). Acara ini dibuka oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan.

Dirjen Daglu berharap di tahun mendatang akan semakin banyak IPSKA baru yang lokasinya mendekati tempat produksi eksportir sehingga dapat mempercepat layanan penerbitan dokumen ekspor SKA. Saat ini, Kemendag sedang mempersiapkan diri untuk melakukan layanan publik yang berstandar ISO 2009:2015 untuk mempertahankan penganugrahan yang telah dicapai dari Kementerian Keuangan, yaitu kementerian/lembaga terbaik kedua yang menggunakan simfoni untuk penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB).

Di sela acara juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. tentang pemanfaatan jasa layanan dan produk perbankan Bank Mandiri.

Pada sesi seminar, Kemendag menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor, Olvy Andrianita; Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kemendag, Budi Santoso; perwakilan dari Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan; dan perwakilan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta.



  •