Direktur Pengamanan Perdagangan Sebagai Narasumber Dalam Program Hot Economy Berita Satu TV

1 2 3 4 5
Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Ibu Pradnyawati, tampil sebagai narasumber dalam Program Hot Economy Berita Satu TV di Berita Satu Plaza, Senin (29/07/2019) malam. Program yang dipandu oleh Andra Lesmana ini juga menghadirkan Bapak Paulus Tjakrawan selaku Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi). 
Program Hot Economy Berita Satu TV mengangkat isu pengenaan bea masuk imbalan sementara (BMIS) atas produk biodiesel Indonesia oleh Uni Eropa. Pemerintah Indonesia dituding memberikan subsidi kepada para pelaku usaha sawit sehingga menjadi ancaman yang bisa menyebabkan kerugian bagi industri biodiesel Uni Eropa.
Ibu Pradnyawati menjelaskan latar belakang hambatan ekspor biodiesel di Uni Eropa. Menurut Ibu Pradnyawati, ini bukan kali pertama kelapa sawit mendapatkan hambatan di Uni Eropa. Biodiesel Indonesia memang sangat kompetitif, memiliki kualitas bagus dan dijual dengan harga yang murah di pasar Uni Eropa.
Ibu Pradnyawati membantah tuduhan Uni Eropa terkait 9 program subsidi yang dinilai Uni Eropa menguntungkan biodiesel Indonesia. Pemerintah Indonesia, kata Ibu Pradnyawati, juga sudah memberikan penjelasan langsung yang detail kepada tim verifikator Uni Eropa saat proses verifikasi kasus investigasi anti subsidi biodiesel Indonesia di Jakarta pada April 2019 silam.
Bapak Paulus juga membantah para pelaku usaha kelapa sawit menerima bantuan keuangan atau subsidi dari pemerintah. Menurut Ketua Harian Aprobi ini, pihak swasta sudah memberikan tanggapan terkait tuduhan subsidi Uni Eropa. Pihak swasta juga melalui penasihat hukumnya akan berusaha meyakinkan Uni Eropa bahwa tidak ada subsidi. Jika nantinya tidak menerima keputusan akhir Uni Eropa pada Januari 2020 mendatang, pihak swasta bisa menempuh jalur hukum ke European Court.


  •