FGD dengan tema “Pengembangan Komoditi Kelapa dari Hulu sampai Hilir sebagai Upaya Peningkatan Harga dan Daya Saing di Pasar Internasional”

1 2 3 4

Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan, Kementerian Perdagangan Ibu Dra. Sulistyawati MBA, memberikan sambutan sekaligus membuka acara Focus Group Discussion dengan tema “Pengembangan Komoditi Kelapa dari Hulu sampai Hilir sebagai Upaya Peningkatan Harga dan Daya Saing di Pasar Internasional” bertempat di Hotel Grand Cemara Jakarta Pusat (09/09/2019).

Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam menyikapi turunnya harga kopra serta potensi ekspor kelapa dan produk turunannya baik ke negara tradisional maupun negara non-tradisional

Saat ini pemerintah telah memberikan bantuan mesin pengolahan kelapa kepada para petani untuk menghasilkan produk olahan kelapa yang memiliki daya saing.

Pemerintah telah menerapkan Sistem Resi Gudang (SRG) dalam menanggapi permasalahan turunnya harga kopra. Namun demikian penerapan SRG tersebut belum diterapkan pada komoditas kopra sehingga penting saat ini untuk menerapkan SRG terhadap komoditas kopra tersebut.

Pada kesempatan ini, Perhimpunan Pengusaha Minyak Kelapa Indonesia (PEPMIKINDO) menyampaikan harapannya agar pemerintah dapat menghasilkan suatu resolusi dalam menuntaskan penurunan harga kopra.



  •