Sosialisasi Permendag No. 122 Tahun 2018 Tentang Ketentuan Ekspor Tumbuhan Alam dan Satwa Liar (TSAL)

1 2 3 4 5 6 7

Sekretariat Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Permendag No. 122 Tahun 2018 Tentang Ketentuan Ekspor Tumbuhan Alam dan Satwa Liar (TSAL) Yang Tidak Dilindungi Undang-Undang dan Termasuk Dalam daftar CITES, bertempat di Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta (24/09/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Disperindag Prov DIY, diikuti oleh 75 orang peserta terdiri dari perwakilan Asosasi dan Eksportir TSAL serta perwakilan Pemerintah  Daerah dan Kementerian/Lembaga terkait, dengan menghadirkan  narasumber dari Dit. Ekspor Tanhut Kemendag, Dit. Teknis Kepabeanan, Pusat Penelitian Biologi LIPI dan Dit. Konservasi Keanekaragaman Hayati KLHK.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi terhadap kebijakan baru untuk dapat diaplikasikan dan diketahui oleh pelaku usaha khususnya oleh para eksportir Produk CITES serta menginventarisir permasalahan dan  masukan dari para stakeholder.

Selain itu kegiatan ini juga dalam rangka mendukung upaya pelestarian TSAL yang tidak dilindungi Undang-undang yang termasuk dalam daftar CITES dari ancaman kepunahan dan pemanfataan potensi ekonomi TSAL.

Pada penutup kegiatan Sosialisasi ini, Sekretaris Ditjen Daglu menyampaikan bahwa usulan dan permasalahan yang telah disampaikan para stakeholder, Pemerintah akan berkoordinasi lebih lanjut dalam rangka mencari solusi tanpa mengabaikan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

#ditjendaglu

#TSL

#majuindonesia

#Kemendag



  •