Kunjungan dari Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang

1 2 3 4 5

Sebanyak 147 mahasiswa dan 4 dosen pendamping dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang melakukan kunjungan kuliah kerja lapangan di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (22 Okt).

Tujuan kunjungan adalah untuk mengetahui tugas dan fungsi Kementerian Perdagangan dan mendapatkan informasi  mengenai perdagangan internasional. 

Kunjungan diterima oleh Kepala Biro Humas, Sekretaris Ditjen Daglu, Sekretariat Ditjen PPI, Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor.

Sekretaris Ditjen Daglu menyampaikan bahwa tugas pokok Kementerian Perdagangan adalah menyelenggarakan urusan di bidang perdagangan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dalam menyelenggarakan tugas, Kementerian Perdagangan menyelenggarakan fungsi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang perdagangan pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Perdagangan pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Perdagangan pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Perdagangan di daerah pelaksanaan kegiatan teknis yang berskala nasional.

Tugas pokok dan fungsi ini dijalankan berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. 

Unit terkait perdagangan internasional di Kemendag adalah Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Daglu), Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional (PPI), dan Direktorat Jenderal Peningkatan Ekspor Nasional (PEN). 

Ditjen Daglu berperan untuk menyusun kebijakan ekspor yang berorientasi pada peningkatan nilai tambah, menyusun kebijakan impor yang bertujuan untuk kemudahan ekspor, memberikan fasilitasi kegiatan ekspor dan impor, dan pelaksanaan advokasi dalam penanganan kasus tuduhan dagang. Salah satu fasilitas perdagangan yang dapat meningkatkan ekspor adalah penggunaan Surat Keterangan Asal (SKA) yang dapat memberikan keringanan tarif bea masuk di negara tujuan ekspor. Ketentuan penggunaan SKA merupakan hasil perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang peningkatan akses pasar barang dan jasa di forum internasional, yang merupakan tugas Ditjen PPI. 

Beberapa isu yang muncul dalam sesi diskusi adalah tentang revitalisasi pasar dan harga komoditas kopra di wilayah Indonesia Timur.



  •