World Halal Food Council Meeting

1 2 3 4 5

Dalam kesempatan pembukaan World Halal Food Council (WHFC) Meeting yang dilaksanakan pada hari Rabu, 13 November 2019, bertempat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri menyampaikan sambutannya mewakili Menteri Perdagangan dengan tema “Export and Impor Regulation in Indonesia”.

*

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia harus dapat meningkatkan ekspor produk halal. Ada banyak potensi yang belum dimanfaatkan secara optimal.

*

Untuk menghadapi persaingan global, Kementerian Perdagangan terus berupaya meningkatkan daya saing dan pangsa pasar produk-produk Indonesia, dengan menerapkan sejumlah strategi, seperti: (1) Pemfokusan kembali pada produk-produk olahan yang bernilai tambah tinggi, (2) Menyederhanakan kebijakan perdagangan dan perampingan prosedur ekspor dan impor, (3) Memperluas target pasar ke negara-negara non-tradisional, termasuk tetapi tidak terbatas pada Afrika, Asia Selatan, Timur Tengah, Eurasia dan Amerika Latin, melalui negosiasi, inisiasi Perjanjian Perdagangan Bebas, seperti serta promosi berkelanjutan; dan (4) Mengembangkan sumber daya manusia.

*

Setiap upaya pemerintah untuk merangsang pertumbuhan industri dalam negeri dan daya saing Produk Halal Indonesia tidak dapat berdiri sendiri, tanpa peran aktif dari bisnis dan pemangku kepentingan terkait. Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan mengundang semua pemangku kepentingan di Industri Produk Halal untuk bekerja sama dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas produk dan daya saing produk Indonesia di pasar internasional.



  •