Sosialisasi Peningkatan Ekspor Non Migas melalui Skema Imbal Dagang Dikaitkan dengan Optimalisasi Penurunan Tarif melalui PTA/FTA/CEPA

1 2 3 4 5

22 Maret 2021, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan telah membuka Acara Sosialisasi Peningkatan Ekspor Non Migas melalui Skema Imbal Dagang Dikaitkan dengan Optimalisasi Penurunan Tarif melalui PTA/FTA/CEPA. Acara Sosialisasi dimaksud menghadirkan empat Narasumber, yaitu Direktur Fasilitasi EKspor dan Impor, Koordinator Bidang Peningkatan Akses Pasar, Analis Madya Bidang Imbal Dagang Kandungan Lokal dan Offset (IDKLO) Kemhan, dan Tenaga Ahli FTA Center Bandung, dan dihadiri oleh K/L terkait, Kadin, Asosiasi dan stakeholder terkait.

Dalam sambutannya, Bapak Dirjen Perdagangan Luar Negeri menyampaikan harapannya atas dukungan riil dari semua pihak seperti K/L terkait, Kadin, Asosiasi serta stakeholder terkait dalam rangka optimalisasi penerapan imbal dagang baik imbal beli atas pengadaan barang pemerintah maupun imbal dagang business to business.

Maksud dan tujuan sosialisasi adalah memberi pemahaman kepada K/L terkait, Kadin, Asosiasi serta stakeholder perihal “Peraturan Menteri Perdagangan tentang Ketentuan Imbal Beli untuk Pengadaan Barang Pemerintah Asal Impor” dan juga skema imbal dagang business to business yang sedang dijajaki Pemerintah. Harapannya melalui acara Sosialisasi dimaksud, diperoleh pemahaman yang jelas, sekaligus mendapatkan masukan dan dukungan riil dari K/L terkait dengan perihal skema imbal beli dalam pengadaan barang pemerintah asal impor dan juga skema imbal dagang business to business.



  •