Bimbingan Teknis Registered Exporter System Generalized System of Preference European Union (REX GSP EU)

1 2 3 4 5 6

Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor melaksanakan Bimbingan Teknis "Registered Exporter System Generalized System of Preference European Union (REX GSP EU)" pada Jumat, 9 April 2021, di Yogyakarta.


Bimbingan teknis ini dipandang perlu untuk diselenggarakan secara berkelanjutan agar semakin banyak eksportir yang memanfaatkan sistem tersebut untuk membuat Deklarasi Asal Barang (DAB) secara mandiri melalui skema GSP EU. Sistem ini merupakan salah satu angin segar yang dapat dimanfaatkan oleh eksportir karena akan memudahkan dan memperingkas jalur birokrasi untuk kegiatan ekspor ke Uni Eropa.

Koordinator Bidang Ketentuan Asal Barang, Ibu Hesty Syntia Paramita, pada paparannya menyampaikan bahwa REX GSP EU merupakan bentuk deregulasi untuk mempercepat proses ekspor tujuan Uni Eropa. Beliau juga menyampaikan bahwa mandatory per 1 Januari 2021, SKA Form A tujuan Uni Eropa tidak berlaku dan digantikan oleh Deklarasi Asal Barang (DAB).

Atase Perdagangan Brussel, Ibu Merry Astrid Indriasari, menyampaikan bahwa eksportir harus memanfaatkan REX untuk memastikan eksportir menggunakan SKA Form A untuk klaim tariff dengan skema GSP, pengaruh posisi Indonesia dalam Global Value Chain di antara negara kompetitor sesama penerima GSP atau mitra FTA EU untuk tetap memanfaatkan tariif GSP, serta mempertahankan status kumulasi tariff dengan negara penerima GSP EU lainnya.

Pada Bimbingan Teknis ini pun disampaikan bahwa sehubungan dengan keputusan United Kingdom untuk keluar dari Uni Eropa (Brexit) maka terkait GSP UK, belum ada format DAB dan masih dapat menggunakan SKA form A untuk tujuan ekspor ke negara tersebut.

Ibu Lastiana Yuliandri wakil dari Aliet Green LTD juga berkesempatan untuk membagikan pengalaman Perusahaan dalam memanfaatkan REX. Beliau menyampaikan bahwa REX lebih fleksibel dibandingkan dengan SKA Form A dan juga menyampaikan permintaan untuk diperbanyak sosialisasi karna belum banyak yang paham tentang REX.



  •