Webinar Dukungan Karantina Hewan dalam Penjaminan Keamanan dan Mutu Bahan Pakan dan Pakan serta Media Pembawa Lain

1 2 3 4 5 6

Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan, Bapak Asep Asmara menjadi salah satu narasumber dalam Webinar 'Dukungan Karantina Hewan dalam Penjaminan Keamanan dan Mutu Bahan Pakan dan Pakan serta Media Pembawa Lain' dalam rangkaian kegiatan Seminar Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) yang diselenggarakan oleh Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian pada Selasa, 14 September 2021.


Beliau memaparkan bagaimana peran Kementerian Perdagangan dalam mendukung ekspor. Arah kebijakan mengacu pada bagaimana peningkatan daya saing produk ekspor Indonesia, peningkatan dan perluasan akses pasar di luar negeri dan peningkatan kemampuan eksportir sehingga menjadi pelaku usaha yang andal.


Ruang lingkup kebijakan perdagangan luar negeri mengarah pada peningkatan jumlah dan jenis serta nilai tambah produk ekspor; prngharmonisasian standar dan prosedur kegiatan perdagangan dengan negara mitra dagang; serta perlindungan dan pengamanan kepentingan nasional dari dampak negatif perdagangan luar negeri.


Beliau juga memaparkan bagaimana kebijakan, pengaturan dan pelarangan terhadap beberapa produk pertanian dan kehutanan; serta fasilitas yang diberikan oleh Kementerian Perdagangan dalam mendukung ekspor melalui adanya Surat Keterangan Asal, Sistem Inatrade, Penugasan Khusus Ekspor (PKE) dan Sinergitas Akses Pasar.



  •