Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Luar Negeri Bidang Ekspor yaitu Permendag No. 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor

1 2 3 4 5 6

Sekretariat Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri telah menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Luar Negeri Bidang Ekspor yaitu Peraturan Menteri Perdagangan No. 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor, serta Peraturan Menteri Perdagangan No. 19 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Pengaturan Ekspor pada hari Jumat (8 Oktober).

Sosialisasi dilaksanakan secara luring di Hotel Hilton Bandung dan daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang disiarkan secara langsung melalui YouTube.

Terdapat 6 (enam) pembicara dalam Sosialisasi tersebut, yaitu: Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri menyampaikan materi tentang pokok-pokok perubahan kebijakan dan pengaturan ekspor pada Lampiran Permendag; Kepala Biro Hukum menyampaikan materi tentang pokok-pokok pengaturan pada batang tubuh Permendag Ekspor; Asisten Deputi Fasilitasi Ekspor dan Impor, Kemenko Perekonomian, menyampaikan materi tentang implementasi neraca komoditas; Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi menyampaikan materi tentang pemrosesan perizinan pada Sistem INATRADE; Direktur Efisiensi Proses Bisnis LNSW menyampaikan materi tentang mekanisme Single Submision dalam pengajuan perizinan; dan Perwakilan Direktorat Teknis Kepabeanan DJBC menyampaikan materi tentang tata laksana kepabeanan ekspor. Sebagai nara sumber juga turut hadir Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan, dan Direktur Ekspor Produk Industri dan Pertambangan.

Bahan Paparan terkait klik tautan berikut:  bit.ly/sosialisasipermendagekspor2021



  •