Rapat Koordinasi Surat Keterangan Asal

1 2 3 4 5 6

Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Bapak Veri Anggrijono membuka Rapat Koordinasi Surat Keterangan Asal dengan tema “Optimalisasi Pelayanan Penerbitan SKA melalui Implementasi Sistem e-SKA versi 2” bersama dengan 97 Instansi Penerbit SKA di seluruh Indonesia pada tanggal 13 Oktober 2022 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Acara ini diikuti oleh kurang lebih 250 orang (luring) peserta dan kurang lebih 100 orang (daring) yang terdiri dari Kepala Dinas yang membidangi perdagangan dan pejabat penandatangan SKA serta operator pelaksana penerbitan SKA dan unit internal dari Kementerian Perdagangan. Sejumlah narasumber hadir dalam acara ini antara lain Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor, Sekretaris Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Perwakilan Pusat Data dan Sistem Informas serta Biro Umum dan Layanan Pengadaan Kementerian Perdagangan.

Rapat Koordinasi ini merupakan pertemuan yang dilaksanakan secara berkala sebagai media sosialisasi dan berbagi perkembangan isu perdagangan, pemahaman dan diskusi serta dukungan riil dan forum peningkatan koordinasi bagi seluruh Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA). Peserta acara ini mendapatkan pemahaman mengenai sejumlah topik antara lain: Pemanfaatan Dokumen keterangan asal untuk kerja sama perdagangan, perkembangan kerja sama Perdagangan Internasional, Sistem Penerbitan SKA melalui e-SKA versi 2, Mekanisme Pemusnahan Arsip SKA serta Penggunaan Sistem E-Payment dan Manajemen Blanko.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan secara simbolis penyerahan sarana dan prasarana kepada IPSKA berupa peralatan dan mesin penunjang kinerja penerbitan SKA.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan layanan publik menjadi lebih baik dan meningkatkan pemahaman mengenai pemanfaatan tarif preferensi ke negara mitra yang nantinya mendorong pelaku usaha untuk dapat meningkatkan ekspor Indonesia.

Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA) merupakan salah satu instrumen penggerak perdagangan diharapkan memiliki peran dalam kontribusi penting untuk mendukung pemulihan perekonomian nasional secara khusus dalam hal pemanfaatan kerjasama perdagangan dan akses pasar yang sudah dibuka oleh pemerintah. Untuk itu, peningkatan penguatan kelembagaan Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA) dalam peningkatan ekspor menjadi sangat penting.



  •